Ciri-ciri Kelinci Hamil dan Melahirkan

16 Mar

Jika dilihat sekilas, kelinci jenis Holland Loop yang kami pelihara, sulit dibedakan antara hamil atau tidak. Itu dikarenakan bentuk tubuhnya yang memang gendut dibagian perut. Nah bagaimana caranya agar kita bisa membedakan kelinci yang sedang hamil? Berikut ini ciri-ciri yang dialami oleh Rici (nama kelinci betina kami) :

1. Tidak mau kawin dengan pejantan
Rici selalu menghindar jika Ciru (nama kelinci jantan) memaksa untuk kawin.

2.Gelisah dan Menggali-gali tanah atau lantai
Semakin mendekati hari kelahiran, kelinci semakin giat mencari tempat yang aman untuk anak-anaknya. Oleh karena itu, Rici menggali lubang yang panjang dam cukup dalam di taman. Jika lubang itu ditimbun lagi dengan tanah, Rici pasti menggali lagi tanah tersebut hingga membuat taman berantakan. Kalau ditaruh di kandang atau garasi, ia akan menggaruk-garuk lantai tersebut. Seperti ini hasil galiannya.

hasil lobang kelinci
Ini tampang Rici setelah gali tanah
kelinci gali tanah

3. Porsi Makan Semakin Banyak
Seperti ibu hamil, kelinci pada fase hamil juga mengalami peningkatan porsi makan. Tak heran jika makanan yang disajikan cepat habis.

4. Mencabuti bulu di sekitar dada
Menjelang hari kelahiran, Rici mulai mengumpulkan bulu-bulu yang telah ia cabuti. Pada kelahiran pertama (bulan desember), Rici mencabuti bulu selama beberapa hari, tapi pada kelahiran kedua (bulan januari), Rici mulai mencabuti bulu hanya 3 jam sebelum melahirkan. Oleh karena itu, kami segera menyiapkan kardus kecil untuk tempat para bayi dilahirkan.

Usia kehamilan kelinci berkisar 28 hari hingga 1bulan. Sebaiknya jeda untuk hamil lagi, sekitar 2 bulan, agar anak-anak kelinci bisa mendapatkan susu yang cukup. Finally, Rici melahirkan 3 ekor bayi yang gemuk dan sehat, ukurannya sekitar 3 jari tangan orang dewasa. WELCOME TO THE WORLD !!! :D
bayi-kelinci
*Note : jenis holland loop ini hanya, hanya melahirkan kira-kira 3 ekor bayi, tetapi bayi tersebut gemuk dan besar*

6 Responses to “Ciri-ciri Kelinci Hamil dan Melahirkan”

  1. peternak kelinci August 26, 2013 at 4:37 AM #

    memang perlu kejelian gan kalo lihat kelinci hamil, saya beberapa kali aja kecolongan, tau-tau dah lahiran aja.
    ================================
    peternak kelinci

  2. Adjie Sultan Mustika May 15, 2014 at 2:23 PM #

    saya mau bertanya…saya sudah lama memelihara kelinci jantan dan betina.tapi sang betina tidak pernah mau kawin sama sang jantan..gimana cara mengatasinya..

    • safarianarahmawati January 8, 2015 at 11:18 AM #

      Kalau betina tidak mau kawin, biasanya karna betina belum masuk usia kawin. Tapi kalau betina sudah dewasa, coba dijadikan satu kandang. Jika berhasil kawin dan melahirkan, coba di cek bayi nya, biasanya si induk tidak mau menyusui anaknya. Selamat mencoba.

  3. bayu October 26, 2014 at 5:44 PM #

    Oh bagus ya kelinci murahanya

  4. Rizky Chiesa January 8, 2015 at 11:00 AM #

    mo tanya mbak, kelinciku lahiran di dalam tanah, stlh 1 hari 1 malam gak kluar dr lubangya ke esokan harinya kluar tp lubangya ditutupi tanah, tp smpek ke esokan hari gk masuk lg ke tanah aku penasaran akhirnya lubangya aku bongkar pelan2 eh ternyata ada anaknya di dlm. kemudian induknya datang masuk bentar trus kluar lalu lubangya ditutupi lg. apakah anaknya gpp itu mbak?

    • safarianarahmawati January 8, 2015 at 11:10 AM #

      Coba anaknya di cek, badannya hangat atau dingin. Kalau hangat dan perut gendut, berarti anak kelinci disusui oleh induknya. Kalau dingin, berarti anak kelinci tidak disusui dan tidak bisa bertahan hidup. Pengang bayi harus pakai sarung tangan plastik, karna kalau kena tangan langsung, induk tidak mau menyusui lg.
      Nah, jika badan bayi kelinci terasa dingin, sebaiknya beli susu kelinci (ada di pet shop sekitar 50-85 rb.) seduh dengan air hangat, lalu susui pakai pipet (bisa beli di apotek). Susui pagi dan sore. Semoga bayi kelinci bisa bertahan hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: